Mengubah Haters Menjadi Peluang

Apakah Anda saat ini memiliki haters atau orang-orang yang sebenarnya iri terhadap Anda? Mereka terus mengganggu dan ingin menjatuhkan Anda? Tenang, ternyata mereka bukanlah hambatan, Anda justru dapat memanfaatkan mereka dan menjadikan segala tindakan menjatuhkan mereka menjadi sebuah peluang yang luar biasa! Masih ragu dan tidak tahu bagaimana caranya? Kisah Toko “Langit Tahu” berikut dapat menjelaskan cara bagaimana Anda dapat memanfaatkan berbagai ancaman yang mereka lakukan bukannya sebagai hambatan namun, sebagai sebuah peluang. Berikut kisahnya :

Kisah inspiratif

Kisah Toko “Langit Tahu”

Alkisah Pada Tahun 1892 di negeri China, terdapat sebuah Toko Buah yang dimiliki oleh Ms.Yu. Ia mengangkut 50 keranjang buah nanas dari kota Laiyang ke pusat kota Shanghai. Dikarenakan perjalanannya yang jauh maka nanas-nanas yang dibawanya membusuk dan seperti biasa yang dilakukan oleh Ms.Yu dibuanglah nanas-nanas busuk tersebut.

Di seberang Toko Buah Yu ini, terdapat toko kecil yg dihuni oleh sepasang suami istri yang tidak memiliki sesuatu untuk dimakan dan segera memunguti nanas yg dibuang itu. Setelah dikupas, dipotong kecil-kecil dan membuang bagian yang busuk, pasangain ini mulai menjualnya. Bisnis ini pun tak terduga berjalan lancar.

Karena permintaan yang terus meningkat, pasangan suami istri ini membeli nanas busuk dari Toko Ms.Yu. Karena sudah membusuk, Toko Yu dengan senang hati menjualnya dengan harga murah, karena ia justru biasa membuangnya karena tak ada pembeli yang ingin membeli nanas busuk.

Nanas itu akhirnya dimanfaatkan oleh sepasang suami istri tersebut dan diproses menjadi menjadi kue dodol nanas dan sekali lagi tanpa disangka, dodol nanas ini terjual laris. Dalam waktu singkat kue dodol nanas ini menjadi makanan khas daerah Tiongkok Selatan dan sampai-sampai dikirim ke kerajaan.

Pemilik Toko Yu kaget dan menjadi iri, Ms.Yu tahu bahwa kue dodol nanas itu terbuat dari nanas busuk. Pada malam harinya, Yu menulis tiga aksara “Tian Zhi Dao” yang artinya adalah “Langit Tahu” lalu menempelnya di pintu toko kue dodol nanas dengan kertas besar. “Langit Tahu” menurut kepercayaan mereka artinya adalah Langit melambangkan tempat tinggal para dewa atau Tuhan, sehingga maksud dari Ms.Yu adalah para Dewapun tahu bahwa nanas yang kalian jual adalah nanas busuk milikku.

Keesokan harinya, sepasang suami istri kaget melihat tulisan ini. Mereka terperanjat, tahu kalau ada orang yang ingin merusak bisnis mereka. Sang suami tertawa dan berucap, “Saya kebetulan sedang berpikir dan berdoa kepada para dewa untuk mencari nama toko yang cocok, hari ini justru ada orang yang menuliskan nama toko untuk kita dan menempelnya ke depan pintu toko kita. Bagus sekali! Kaisar juga pernah memakan kue dodol nanas toko kita, Kaisar adalah Putra Langit di masa ini, jadi sudah seharusnya kalau kita memakai nama ‘Tian Zhi Dao’.”

Sang istri pun bersemangat dan berkata, “Oke, kita gunakan tiga aksara ini sebagai nama toko kue dodol nanas kita!”

Akibatnya bisnis kue dodol nanas ini menjadi semakin melejit luar biasa. Yu menjadi semakin kesal dan marah. Selanjutnya Yu dengan liciknya melukis di dinding toko itu seekor kura-kura yang menyembunyikan kepala di dalam tempurung dengan disertai tulisan: “Tidak tahu malu”.

Keesokan harinya, melihat lukisan kura-kura ini, sepasang suami istri itu terdiam, namun sejenak kemudian berucap secara bersamaan, “Kita gunakan kura-kura sebagai logo produk. Kue dodol nanas dapat menyembuhkan batuk dan memperpanjang usia. Kura-kura adalah hewan yang memiliki usia panjang.”

Sejak kejadian itu, logo kura-kura menjadi logo yang terkenal di Shanghai. Kue dodol milik pasangan suami istri ini pun terus melejit hingga terkenal di seluruh dunia.

Haters sebenarnya tidak benar-benar membenci Anda, tetapi mereka hanya iri terhadap apa yang telah Anda capai yang sebenarnya mereka ingin menjadi atau capai. Mereka juga dapat digunakan sebagai pengingat kita apabila kita melakukan hal yang tidak baik, dan justru haters adalah orang-orang yang sangat membantu kita untuk menjadi lebih baik, berkembang, dan menjadi pribadi yang luar biasa.

Orang yang bijak dan cerdas dapat mengubah setiap tindakan yang dilakukan oleh para hatersnyan menjadi sebuah peluang yang dahsyat.

Luar biasa! Bagaimana dengan Anda?

Alur cerita Diolah dari cerita yang diceritakan oleh ibu saya dan berbagai artikel.

Saya yakin dapat menjadi inspirasi teman-teman.

Stay True,

 

 

 

Teru Egawa