Kisah Inspiratif

Kisah Menggendong Dalam Pikiran

Pada suatu hari ada dua orang biksu yang melakukan perjalanan menuju suatu desa untuk mengabarkan pengajaran.

Ditengah perjalanan, dua biksu itu bertemu seorang wanita yang hendak menyeberangi sungai. Wanita itu takut untuk menyebrang, karena arus cukup deras. Kebetulan kedua biksu ini juga akan menyebrangi sungai. Biksu yang lebih tua menawarkan diri untuk menggendong si wanita. Wanita tersebut setuju. Akhirnya mereka bertiga menyebrang dengan selamat.

Selama perjalanan, biksu muda itu selalu menggerutu. Sampai pada akhirnya si biksu tua tidak tahan lagi. Dia bertanya apakah ada masalah. Si biksu muda berkata, “Bukankah, kita para biksu diajarkan untuk tidak bersentuhan dengan wanita ?”

Jawab si biksu tua, “Oh, jadi itu yang membuatmu muram dan menggerutu sepanjang perjalanan. Aku sudah menurunkan wanita itu di pinggir sungai, engkau masih menggendongnya sampai disini.”

Kawan, sering kali pikiran kita berkelana liar. Pikiran yang bersih akan membuat tindakan kita baik. Si biksu tua berpikiran menolong, tidak ada pikiran lain. Sedangkan si biksu muda berpikiran hal-hal sensual dengan menggendong seorang wanita.

 

Mari mulai saat ini juga kita hapus persepsi-persepsi negatif yang selama ini kita gendong terhadap orang lain di pikiran kita, karena justru pikiran-pikiran negatif tersebut akan selalu membebani kita.

Saya yakin dapat menjadi inspirasi teman-teman.

Stay True,

 

 

 

Teru Egawa